Keindahan Danau Maninjau Sumatera Barat

Keindahan Danau Maninjau Sumatera Barat – Mengeksplorasi Minangkabau memang tidak akan ada bosannya. Mulai dari soal budaya, kuliner, begitu pula dengan destinasi wisatanya.

Foto : Danau Maninjau
Sumber : id.wikipedia.org

Minangkabau rupanya menyimpan begitu banyak hal menarik yang mengagumkan sehingga tak heran jika banyak wisatawan berkunjung ke Ranah Minang ini. Dan, tahukah anda pesona alam yang paling memukau disana ? Ya, Danau Maninjau.

Danau Maninjau terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dan salah satu objek yang ada di Ranah Minang ini sebenarnya merupakan bentukan dari letusan gunung berapi puluhan ribu tahun yang lalu. Danau dengan luas sekitar 100 km2 ,dan kedalaman 495 meter ini merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Barat.

Destinasi wisata satu ini memiliki pemandangan yang begitu mengangumkan, airnya yang jernih dan dikelilingi oleh hamparan hijau perbukitan semakin membuat siapa saja yang mengunjunginya akan betah berlama-lama disana.

Disana ada banyak sopt menarik untuk bisa menikmati keindahan Danau Maninjau, apalagi jika dilihat dari ketinggian, anda akan menemukan hamparan luas perairan yang sekelilingnya adalah perbukitan asri, sehingga menciptakan rasa takjub nan tenang bagi siapa saja yang melihatnya. Lantas, bagaimana akses menuju destinasi eksotis di Sumatera Barat ini ?

Danau Maninjau yang letaknya berada di ketinggian 450 mdpl ini bisa anda capai dengan dua opsi pilihan. Pertama, anda bisa berangkat dari kota Padang dan memakan waktu kurang lebih sekitar 2 jam.

Sementara pilihan kedua, berangkat dari Bukittinggi yang membutuhkan waktu hanya selama 1 jam perjalanan. Kedua opsi pilihan tersebut masing-masing menawarkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan di sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata. Ada hamparan sawah, ngarai hingga kelok 44 akan anda temui di sepanjang perjalanan menuju Danau Maninjau.

Keindahan alam Danau Maninjau ini rupanya menyimpan cerita legenda yang telah beredar di masyarakat sekitar. Selain ceritanya yang menarik, pemandangan di lokasi kejadian juga menawarkan keindahan yang membuat wisatawan jatuh cinta melihatnya.

Keindahan Danau Maninjau Sumatera Barat

Terlebih jika anda menyaksikan Danau Maninjau dari Puncak Lawang, tempat paling sempurna untuk menikmati panorama alam karena ditambah dengan udaranya yang sejuk khas pegunungan.

Disamping menikmati indahnya Danau Maninjau dari Puncak Lawang, disana terdapat berbagai wahana menarik yang bisa dicoba. Mulai dari tempat outbond hingga naik paralayang. Di bawah puncak juga terdapat kelok 44 yang begitu menakjubkan, disana anda akan melihat hijaunya persawahan warga yang tersusun rapi di lereng bukit.

Satu lagi yang unik dari Danau Maninjau yang tak boleh anda lewatkan jika berkunjung kesana. Yaitu “Rakik-Rakik”, merupakan perlombaaan yang diadakan satu kali dalam setahun yaitu pada saat malam takbir.

Warga sekitar yang ada di tepian Danau Maninjau mengadakan perlombaan membuat perahu dengan hiasan cantik, membuat versi mini rumah gadang, masjid dan lain-lain. Menarik sekali bukan ?

Nah, itulah dia ualasan singkat tentang Danau Maninjau dan hal menarik lainnya yang bisa anda temui di objek wisata yang ada di Kabupaten Agam ini. Jadi, bagaimana ? Sudahkah anda menentukan pilihan untuk berkunjung ke Danau Maninjau ?

Jika ya, maka jangan lupa untuk menyewa jasa tour dan travel dari pelangi Holiday ya! Pelangi Holiday adalah jasa tour dan travel terbaik dan profesional di Sumatera Barat yang siap menemani perjalanan anda selama berwisata di Sumatera Barat!

Gulir ke Atas