Indahnya Danau Maninjau, Bak Lukisan

Indahnya Danau Maninjau, Bak Lukisan – Berwisata ke Sumatera Barat sambil menikmati pemandangan yang bak lukisan bukanlah hal yang tidak mungkin. Salah satunya dengan berwisata ke danau Maninjau, Anda akan menemukan pemandangan dan hamparan luas yang memukau. Danau Maninjau tidak hanya menyajikan pemandangan bak lukisan namun terdapat banyak keunikan lainnya.

Foto : Danau Maninjau
Sumber : Sites.google.com

Wisata Danau Maninjau terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pesona wisata yang hijau dan asri dapat anda temukan selama di sini. Selain hamparan pemandangan yang menenangkan anda juga akan diajak untuk melintasi kelok 44 yang terkenal dengan lintasannya yang ekstrem.

Di Danau Maninjau juga terkenal sebagai PLTA yang diubah menjadi tempat wisata yang ramai oleh pengunjung. Disini anda dapat menyewa motor boat ataupun perahu untuk dapat menikmati keindahan Danau Maninjau secara langsung.

Indahnya Danau Maninjau, Bak Lukisan

Selain itu juga ada tempat wisata lain yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan yaitu keramba yang merupakan tempat penangkaran untuk ikan air tawar. Terapat berbagai jenis ikan air tawar yang dapat ditangkap dan diolah dengan bumbu khas sumatera barat.

Kemudian juga ada wisata adat yang menyajikan tampilan budaya khas setempat yaitu penampilan kelompok tambua tasa. Anda akan dikenalkan dengan kesenian khas daerah tersebut sambil menikmati musik yang diiringi dengan alat musik tambua Tasa.

Danau Maninjau yang terletak di Agam juga merupakan salah satu kampung dari sastrawan terkenal yaitu Buya Hamka. Keberadaan danau maninjau pun juga tidak terlepas dari cerita sastra yang melegenda di sini.

Legenda tentang 9 bersaudara yang pada akhirnya dihukum karena melanggar aturan adat menyebabkan mereka harus dibuang ke kawah Gunung. Kemudian gunung tersebut meletus dan membentuk kawah yang menjadi Danau Maninjau.

Konon Sembilan bersaudara tersebut kemudian dikutuk menjadi ikan yang hidup di Danau Maninjau. Bahkan nama ke-9 saudara tersebut dijadikan nama-nama daerah di sekitar danau Maninjau.

Untuk moda transportasi ketempat ini tidaklah sulit, namun bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Sumatera Barat dapat menggunakan jasa travel untuk transportasi. Salah satu jasa travel terpercaya di Sumatera Barat yang paling banak digunakan oleh wisatawan adalah Jasa Trael Pelangi Holiday. Anda akan mendapatkan momen wisata yang menyenangkan, terlebih dengan fasilitas travel yang sangat membantu untuk para wisatawan.

Kawasan agam juga pernah dijadikan sebagai lokasi syuting untuk salah satu film populer yaitu Negeri 5 Menara. Merupakan film yang diangkat dari salah satu novel populer karangan Ahmad Fuadi yang bercerita tentang pemuda agam.

Nah jika anda berkunjung ke tempat ini, maka wajib untuk mencicipi salah satu kuliner khas setempat yang hanya ada di sini yaitu rinuak, pensi dan olahan dari hasil perairan danau maninjau. Pensi merupakan makanan yang terbuat dari kerang yang diolah dengan bumbu khas Sumatera.

Gulir ke Atas