Jembatan Akar Bayang Sumatera Barat

Jembatan Akar Bayang Sumatera Barat  merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jembatan unik ini tepatnya berlokasi di Kecamatan Bayang Utara.

Disebut sebagai jembatan unik, karena jembatannya terdiri dari akar dari dua pohon beringin yang berkelindan membentuk sebuah jembatan. Inilah yang disebut sebagai Jembatan Akar Bayang.

Jembatan Akar Bayang banyak menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi jembatan yang terkenal dengan sejarahnya.

Jembatan ini memiliki panjang sekitar 25 meter dan lebar 1,5 meter. Terletak 88 km di sebelah selatan Kota Padang, jembatan ini terkenal dengan sejarahnya.

Jembatan Akar Bayang memang tempat bersejarah, terutama bagi penduduk kampung di Bayang Utara. Konon katanya, dahulu masyarakat setempat menyebut jembatan ini dengan sebutan Titian Aka.

Kabarnya yang datang dari mulut ke mulut, jembatan yang saat ini disebut sebagai Akar Bayang adalah jembatan yang dibangun oleh seorang ulama bernama Pakih Sokan.

Beliau merasa iba melihat murid-murid ngajinya di sebrang sungai yang kesulitan menyebrang karena terhalang oleh aliran Sungai Batang Bayang.

Sebab, sungai tersebut sangat berbahaya, terlebih saat musim hujan tiba karena arusnya begitu deras dan airnya meluap-luap.

Tepatnya sekitar tahun 1890 silam, ulama tersebut memiliki inisiatif untuk membentangkan dua bilah bambu pada dua sisi Sungai Batang Bayang, yang kemudian diikat dengan dua akar pohon beringin.

Dan proses merajut akar sampai menjadi jembatan pasalnya membutuhkan waktu sekitar 26 tahun. Inilah asal muasal terbentuknya Jembatan Akar Bayang yang kini menjadi tempat wisata bersejarah di Sumatera Barat.

Jembatan Akar Bayang saat ini menjadi tempat tujuan wisata bagi banyak orang yang sengaja datang berkunjung ke Sumatera Barat.

Karena keunikan jembatan dengan ketinggian sekitar 10 meter inilah membuatnya menjadi ikon di Tanah Minang. Oleh sebab itu, tak sedikit wisatawan yang datang hanya sekedar untuk berselfeie di jembatan unik ini.

Jembatan Akar Bayang Sumatera Barat

Bagi anda yang ingin datang langsung menyaksikan keunikan dari Jembatang Akar Bayang, tidak perlu khawatir karena kondisi jembatan saat ini justru semakin kuat karena akar pohon beringinnya sudah tumbuh semakin besar.

Bahkan demi menjaga keamanan dan keberlangsungan hidup jembatan bersejarah ini, Pemerintah Kabupaten setempat telah menambah tali besi pada jembatan guna untuk melindunginya.

Dengan demikian, saat musim hujan tiba, debit air Sungai Bayang yang biasanya naik menyentuh jembatan ini akan semakin aman terkendali.

Sesampainya di Jembatan Akar Bayang, anda akan menyaksikan kerjenihan dan kesejukan air yang mengalir disana.

Karena bebatuan besar yang ada di sepanjang sungai, membuat sungai disana seringkali dimanfaatkan untuk olahraga arung jeram.

Selain itu, jika anda ingin bersantai sembari berdiri di atas jembatan, anda akan dihadapkan oleh pemandangan sungai dengan beragam ikan di dalamnya.

Bagaimana ? Tertarik ingin mengunjungi langsung Jembatan Akar Bayang ini ? Bagi anda yang hendak berkunjung, kami sarankan untuk menyewa jasa tour dan travel dari Pelangi Holiday.

Salah satu jasa tour dan travel profesional dan terpercaya di Sumatera Barat ini dapat diandalkan sebagai guide yang menemani perjalanan anda selama berlibur di Sumatera Barat.

Jadikan liburan anda kali ini lebih menyenangkan bersama Pelangi Holiday!

Gulir ke Atas