Keindahan Telaga Dewi, Gunung Singgalang Sumatera

Keindahan Telaga Dewi, Gunung Singgalang – Berwisata sambil menantang adrenalin tentu menjadi hal yang didambakan bagi sebagian orang. Salah satu cara berwisata yang dapat menjadi pilihan adalah mendaki gunung. Apalagi jika dilakukan bersama teman-teman terdekat.

Di Sumatera Barat ada banyak spot untuk mendaki gunung yang dapat menjadi pilihan menarik. Salah satunya adalah keelokan dari gunung singgalang yang wajib untuk dicoba para pendaki. Gunun Singgalang berlokasi di Kabupaten Agam. Pendaki yang ingin mencicipi keelokan dari gunung satu ini dapat memilih moda transportasi mobil untuk menuju basecamp sebelum mendaki.

Keindahan Telaga Dewi, Gunung Singgalang

Pilihanyang tepat bagi wisatawan asing yang tidak memiliki kendaraan umum adalah dengan menggunakan jasa travel. Wisatawan yang memulai perjalanan dari Kota Padang dapat memilih menggunakan usaha travel pelangi holiday untuk transportasi ke basecamp Gunung Singgalang.

Gunung singgalang merupakan jenis vulkanis namun sudah tidak aktif lagi. Ketinggian dari gunung singgalang adalah 2877 mdpl. Walaupun tidak memiliki ketinggian yang mencolok, yanf membuat gunung singgalang menarik adalah medan pendakian yang menantang.

Spot utama dari mendaki gunung singgalang adalah menyaksikan keindahan dari telaga yang popular, yaitu Telaga Dewi. Telaga ini merupakan kawah lama dari gunung singgalang, jika suasana sedang berkabut akan menambah telaga ini akan tertutup.

Untuk spot perkemahan anda dapat memilih beberapa spot. Untuk camp beristirahat Anda dapat mendirikan tenda di cadas. Cadas merupakan spot yang menandakan perbatasan untuk memulai pendakian utama alias pendakian kepuncak.

Pendaki umumnya akan memilih beristirahat lebih dulu disini untuk makan dan mengisi tenaga sebelum mendaki puncak. Setelah beristirahat Anda dapat memilih untuk melanjutkan perjalanan ke Puncak. Anda akan melewati lereng bebatuan yang beberapa ditumbuhi dengan bunga edelweiss.

Puncak singgalang akan dekat jika ditandai dengan adanya hutan lumut. Dari sini Anda akan diajak untuk menempuh jalur disela-sela ranting dan akar pohon yang licin dan banyak ditumbuhi lumut.

Telaga Dewi akan terlihat setelah beberapa menit perjalanan dari hutan lumut. Disini pendaki bisanya akan mendirikan camp, yaitu tepat diarea tepi dari gunung singgalang. Pendaki juga tidak sulit untuk mendapatkan kebutuhan air, biasanya pendaki akan menggunakan air di telaga dewi.

Jangan lupa untuk berfoto disalah satu pepohonan yang menjulang diatas telaga dewi. Spot ini sangat banyak menarik para pecinta fotografi untuk mengasah kemampuan mereka. Jika ingin ke puncak yang lebih tinggi Anda dapat melanjutkan perjalanan sekitar satu jam untuk mencapai puncak.

Uniknya lintasan selama pendakian tidak sulit untuk ditelusuri, pendaki cukup mengikuti arah dari tiang kabel telepon yang melintas dari lereng hingga kepuncak tertinggi. Sebenarnya ada beberapa jalur yang dapat menjadi pilihan, namun lintasan dengan tiang kabel telepon adalah lintasan yang paling banyak digunakan oleh pendaki.

Gulir ke Atas