Keindahan Masjid Asasi Sigando, Masjid Tertua di Indonesia

Keindahan Masjid Asasi Sigando, Masjid Tertua di Indonesia – Ingin menikmati akhir pekan dengan liburan yang sensasinya berbeda ?

Anda bisa datang berkunjung ke salah satu masjid tertua yang ada di Sumatera Barat. Masjid Asasi Sigando namanya.

Masjid Asasi Sigando merupakan masjid tertua kedua di Indonesia yang telah berdiri sejak abad ke-18, masjid ini rupanya masih aktif melakukan kegiatan keagamaan hingga saat ini.

Bahkan terus berkembang dengan adanya Pondok Pesantren Thawalib Gunung. Dengan menjadi masjid tertua di Indonensia memiliki ketertarikan tersendiri.

Masjid Asasi Sigando berlokasi di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Ada yang unik dari masjid satu ini sehingga tak sedikit wisatawan yang tertarik mampir ke masjid Asasi Sigando.

Masjid dengan arsitektur atapnya ini sangat identik dengan arsitektur perumahan Minang, yakni pada bagian atapnya berbentuk gonjong.

Bahkan jika diingat kembali, anda akan menemukan kemiripan pada bagian atap masjid Asasi Sigando dengan Masjid Agung Demak yang bentuknya limas dan berjumlah tiga tingkat.

Sementara pada bangunannya mirip sekali dengan Rumah Gadang, yakni terdapat jendela penuh dengan ukiran indah.

Bagi anda yang hendak menyaksikan langsung keunikan dari Masjid Asasi Sigando, anda akan menemukan sebuah pintu gerbang di sebelah selatan untuk memasuki area masjid megah ini.

Disekitar masjid Asasi Sigando dikelilingi dengan pagar besi di bagian selatan, sementara di bagian barat dan utara dikelilingi oleh pagar tembok.

Dan terpisah dari bangunan pertama, terdapat juga bangunan panggung seperti tempat penyimpanan padi yang letaknya di sebelah utara masjid.

Namun jangan salah, bangunan tersebut rupanya digunakan untuk tempat bedug yang terbuat dari kelapa. Cukup unik bukan ?

Nah, jika anda ingin melaksanakan ibadah shalat di masjid besar Asasi Sigando, anda bisa menuju tempat wudhu yang berada di luar pagar, tepatnya di bawah bangunan rumah garin masjid.

Keindahan Masjid Asasi Sigando, Masjid Tertua di Indonesia

Masjid yang berkuruan 300 dengan arsitektur uniknya ini memilki bangunan yang strukturnya terbuat dari kayu dan dilengkapi tiang besar di tengah-tengahnya.

Sedangkan pada bagian ekstreior masjid, juga dipenuhi dengan ukiran-ukiran indah khas Minangkabau.

Masjid dengan aristektur tradisional Minangkabau yang masih terjaga keasliannya hingga saat ini banyak menarik minat wisatawan untuk menyaksikan langsung keunikannya.

Masjid Asasi Sigando mempunyai lantai yang terbuat dari papan berpanggung, yang juga identik seperti rumah adat Minangkabau lainnya.

Begitu anda memasuki area dalam masjid, suasana teduh dan menenangkan membuat anda ingin melaksanakan ibadah disana.

Terletak di Jalan Syech Ibrahim Musa No. 40 Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, anda bisa mengunjungi masjid Asasi Sigando ini ditemani oleh jasa tour dan travel dari Pelangi Holiday.

Merupakan salah satu jasa yang siap memberikan kenyamanan bagi setiap traveller yang ingin mengelilingi Sumatera Barat, tak terkecuali juga dengan Masjid Asasi Sigando.

Yuk, jadikan liburan anda kali ini lebih menyenangkan bersama Pelangi Holiday!

Gulir ke Atas