Masjid Tuo Kayu Jao, Alahan Panjang, Sumatera Barat

Masjid Tuo Kayu Jao, Alahan Panjang, Sumatera Barat – Tanah Minang, selain terkenal akan objek wisata, kuliner dan kebudayaannya.

Ternyata Sumatera Barat juga menyimpan kekayaan akan sejarah Islam. Ya, Masjid Tuo Kayu Jao di Alahan Panjang adalah salah satu buktinya.

Foto : Masjid Tuo Kayu Jao
Sumber : harianhaluan.com

Masjid tertua di Minangkabau ini masih berdiri kokoh hingga saat ini, walaupun usianya sudah mencapai lebih dari 400 tahun.

Nah, masjid Tuo Kayu Jao sangat cocok dikunjungi jika anda penasaran akan keunikan dari masjid satu ini.

Selain terkenal sebagai masjid tertua di Sumatera Barat, Masjid Tuo Kayu Jao memiliki banyak keunikan lainnya yang bisa anda lihat dari segi lokasi dan letaknya.

Masjid unik satu ini lokasinya berada di bahwa lembah di daerah Jorong Kayu Jao, Kanagarian Batang Baruih, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Ya, hal ini tentu saja berbeda jauh dengan masjid-masjid lainnya yang pada umumnya terletak di tengah-tengah kota  atau dipinggir jalan.

Masjid Tuo Kayu Jao memiliki keunikan dan simbol Islam di Minangkabau.

Dengan keberadaan masjid ini, menjadi salah satu tanda sejarah bahwa agama Islam telah ada dan berkembang sejak lama di daerah Solok.

Keunikan masjid Tuo Kayu Jao juga menarik minat banyak wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat.

Bagaimana terbilang tidak unik, jika atap masjid ini saja terbuat dari ijuk berwarna hitam dengan dinding dan lantainya terbuat dari papan yang dibalut dengan warna hitam, hal ini tentu saja semakin menambah kesakralan.

Adapun dari segi arsitektur, masjid ini mengalami asimilasi terhadap budaya Minangkabau, yaitu Rumah Gadang.

Atap masjid yang terbuat dari ijuk tersebut terdiri dari tingkat, dimana anatara tingkatan terdapat celah yang digunakan sebagai pencahayaan. Unik sekali bukan ?

Jika anda hendak mengunjungi masjid tertua di Sumatera Barat ini, anda perlu menempuh jalanan dengan hati-hati.

Jalan menuju lokasi merupakan jalanan kecil selebar 2 meter dengan kondisi geografis jalan yang menrun, cukup curam dan sedikit berbelok-belok.

Masjid Tuo Kayu Jao, Alahan Panjang, Sumatera Barat

Nah, sekitar 100 meter menuju masjid, jalanan menurun semakin curam dan para pengunjung yang membawa kendaraan dianjurkan untuk memarkir kendaraannya dibagian atas jalan demi keselamatan.

Jadi, anda diharuskan untuk berjalan kaki menuju masjid.

Masjid Tuo Kayu Jao sebagai masjid tertua di Minangkabau memiliki keindahan yang sangat mempesona jika anda melihat masjid ini dari ketinggian. Bagaimana bisa ?

Sebab, masjid ini memiliki lanskep dan kontur di wilayah perbukitan yang memiliki udara sejuk karena dikelilingi oleh perkebunan teh dan persawahan masyarakat sekitar.

Wilayah sekitar masjid pun tampak bersih dan indah karena para anak-anak dan remaja masjid di Masjid Tuo sangat rajin bergotong royong untuk membersihkan masjid.

Jadi, bagaimana ? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi masjid tertua di Minangkabau ini ?

Selain karena keindahannya yang mempesona, keunikan masjid Tuo Kayu Jao sangat layak dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata religi masyarakat Indonesia.

Nah, bagi anda yang sedang bingung untuk transportasi menuju objek wisata Masjid Tuo Kayu Jao.

Kami agen travel and tour Pelangi Holiday siap menemani perjalanan wisata anda menjadi menyenangkan!

Gulir ke Atas