Menikmati Pesona Danau Singkarak Dikahir Pekan

Menikmati Pesona Danau Singkarak Dikahir Pekan – Sumatera Barat mempunyai banyak pesona wisata yang tidak tertandingi. Salah satunya keberadaan danau terbesar kedua setelah Danau Toba yang berada di Sumatera Barat. Danau tersebut adalah danau Singkarak.

Foto : Danau Singkarak
Sumber : Idntimes.com

Luas Danau Singkarak adalah 108 km persegi. Danau Singkarak telah menjadi objek wisata sejak lama. Bahkan Danau Singkarak juga menjadi tempat dan sumber mata pencaharian bagi warga setempat yang pada umumnya adalah nelayan di danau tersebut.

Anda juga dapat menemukan PLTA yang dibangun untuk gardu di Padang Pariaman. Danau Singkarak menghadirkan pesona danau dengan air yang jernih. Anda juga akan disuguhi dengan hamparan bukit yang mengelilingi Danau Singkarak.

Menikmati Pesona Danau Singkarak Dikahir Pekan

Danau Singkarak mempunyai keunikan ekosistem yang banyak dijadikan sebagai penelitian bagi beberapa ilmuwan. Salah satunya yaitu ilmuwan Jerman yang pada tahun 1965 melakukan penelitian terhadap ekosistem danau Singkarak.

Penelitian tersebut juga yang membuat anak Singkarak banyak dikenal oleh wisatawan asing. Wisatawan asal jerman tersebut menuangkan keindahan danau singkarak dalam bentuk lukisan. Hal tersebut kemudian mulai membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Jika anda berwisata ke tempat ini anda akan disajikan dengan keunikan ekosistem ikan yang hanya ada di Danau Singkarak. Ekosistem air danau singkarak memiliki 19 Spesies ikan yang hidup di luasnya hamparan danau. Uniknya ada satu ikan yang hanya terdapat di danau ini yaitu ikan bilih.

Bahkan ikan ini dijadikan sebagai oleh-oleh khas setempat oleh warga di sekitar Singkarak. Danau Singkarak berlokasi di antara Solok dan tanah datar. Jika Anda memulai perjalanan dari Padang anda akan menempuh jarak 75 km untuk berkunjung ke sini.

Anda dapat menggunakan jasa travel untuk kemudahan transportasi menuju ke Danau Singkarak. Anda harus memilih jenis travel terpercaya dan terjangkau, salah satunya adalah menggunakan jasa travel Pelangi holiday.

Travel satu ini sering digunakan oleh wisatawan asing karena kendaraanyang digunakan bersih dan nyaman untuk berwisata, Jika sudah memilih berwisata kesini Anda harus mempersiapkan pakaian hangat karena iklim di danau Singkarak terkenal dingin.

Hal tersebut karena Danau Singkarak berada di daerah perbukitan. Selama berada disini anda wajib untuk menikmati berbagai wisata yang tersedia salah satunya berenang. Anda juga dapat menjelajahi hamparan Danau Singkarak dengan perahu yang disewakan oleh warga setempat.

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah mengambil foto dengan spot-spot yang menarik di danau Singkarak. Danau Singkarak juga terkenal karena kerap kali dijadikan lintasan event tahunan yang terkenal yaitu Tour de Singkarak.

Terbentuknya Danau Singkarak merupakan akibat dari gerakan lempeng bumi. Konon awalnya Danau Singkarak hanya memiliki panjang 3 kilometer seiring dengan sering terjadinya pergeseran lempeng bumi membuat Danau Singkarak menjadi memiliki panjang 23 km.

Gulir ke Atas