Wisata Edukasi Museum Adityawarman di Sumatera Barat

Museum Adityawarman di Sumatera Barat – Berwisata tidak haru ketempat yang mahal dan jauh, berwisata sambil menikmati objek sejarah dan mempelajarinya juga menjadi hal yang menarik. Wisata edukasi seputar budaya dan sejarah pendidikan dapat dilakukan diakhir pekan bersama keluarga, misalnya mengunjungi museum.

Di Sumatera Barat juga ada destinasi wisata edukasi yang tidak kalah menariknya. Tempat tersebut adalah Museum Adityawarman yang berada dibagian barat dari Kota Padang. Museum adytywarman dikenal sebagai museum bersejarah untuk masyarakat Minangkabau.

Wisata Edukasi Museum Adityawarman di Sumatera Barat

Anda dapat belajar sejarah seputar budaya Minangkabau disini, serta juga dapat melihat secara langsung peninggalan sejarah dari nenek moyang Minangkabau. Museum ini telah ditetap sebagai cagar budaya Minangkabau oleh mentri pendidikan ditahun1974.

Penamaan adityawarman diambil dari salah satu raja yang bijaksana yang berkuasa pada tahun 1347-1374 masehi. Aditywarman adalah raja yang merupakan keturunan dari raja kerajaan majapahit. Museum ini dirancang dengan desain khas rumah gadang Minangkabau. Ciri khas bangunan yang paling mencolok adalah bentuk atap bagonjong yang terdiri dari tujuh buah gonjong.

Museum ini dibangun dilahan dengan luas 2.6 hektare dengan luas bangunan sekitar 2.9 meter persegi. Didalam bangunan tersebut ada banyak pernak penik seputar budaya Minangkabau, juga ada beberapa peninggalan sejarah Minangkabau yang diletakkan disana.

Jika anda berwisata ketempat ini maka anda akan melihat sebuah tugu besar yang menyambut kedatangan Anda. Disamping tugu tersebut Anda akan melihat tulisan yang berbunyi ‘Untuk Kami di Nusa Jaya. Kamulah gugur, derita sengsara. Kamu bertugu dijiwa bangsa. Lambang bermutu selama masa’.

Tugu tersebut tidak hanya sekdar berisi puisi perjuangan, juga terdapat tulisan teks proklamasi yang menambah kesan nasionalisme pada bangunan tersebut. Jika Anda menemukan tanggal yang tertulis 9 Maret 1950, sebagian orang menafsirkan ditanggal tersebutlah Kota Padang kembali kedalam naungan indonesia.

Puisi tersebut bermakna tentang perjuangan kemerdekaan indonesia dimasa penjajahan. Anda bisa berkunjung kesini diakhir pekan bersama dengan keluarga. Anda akan dibawa kezaman dulu saat masyarakat minang masih tinggal di rumah gadang. Juga terdapat tempat untuk berfoto dengan menggunakan pakaian khas bundo kanduang. Anda dapat menyewanya dengan harga yang terjangkau.

Berkunjung ketempat wisata ini cukup mudah untuk dijangkau, karena lokasinya yang strategis diperkotaan. Bagi Anda para wisatawan yang datang dari daerah lain dapat menggunakan jasa transportasi berupa travel. Ada banyak jasa travel yang menyediakan berbagai fasilitas yang menarik bagi para wisatawan. Salah satu jasa travel yang terkenal di Sumatera Barat adalah jasa travel Pelangi Holiday.

Jasa travel ini banyak digunakan untuk kegiatan berwisata karena menyediakan berbagai jenis mobil yang diminati oleh para wisatawan. Pelangi Holiday dapat menjadi pilihan travel wisata yang tepat untuk Anda yang berkunjung ke Sumatera Barat.

Gulir ke Atas