Museum Kebudayaan Minangkabau

Museum Kebudayaan Minangkabau – Sudah bosan travelling mengelilingi objek wisata berupa pegunungan atau pantai ? Ingin menikmati liburan akhir pekan dengan suasana yang berbeda dari biasanya ?

Image : Museum Adityawarman
Sumber : Wikipedia

Anda bisa beralih ke salah satu tempat wisata yang menyuguhkan edukasi dan kebudayaan. Karena berwisata sejatinya tak hanya sekedar tentang wisata alam saja, namun juga bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Di Sumatera Barat, tepatnya di kota Padang, ada salah satu tempat wisata dengan objek edukasi dan kebudayaan yang menarik untuk dikunjungi.

Museum Kebudayaan Minangkabau orang-orang menyebutnya, merupakan tempat yang sangat cocok dikunjungi oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Objek wisata ini tak hanya memberikan pengalaman liburan yang mengesankan, tapi anda juga bisa pulang dengan membawa ilmu.

Dan tentu saja, ilmu yang dibawa pulang dapat memberi manfaat bagi anda untuk memperluas pengetahuan dan wawasan anda. Mengasyikkan sekali bukan ?

Museum Adityawarman atau museum kebudayaan Minangkabau adalah salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di kota Padang.

Ya, Sumatera Barat memang adalah tempat yang kaya dengan keindahan alamnya, juga sejarah dan budayanya.

Apa saja sih yang bisa anda temukan di museum ini ? Museum kebudayaan Minangkabau rupanya menyimpan berbagai benda bersejarah, salah satunya ialah cagar budaya Minangkabau.

Nah, sebagai museum budaya kebanggaan Sumatera Barat, rupanya museum ini tidak hanya sekedar menyimpan saja, namun turut melestarikan berbagai beda bersejarah seperti cagar budaya Minangkabau, cagar budaya Mentawai dan juga cagar budaya Nasional.

Salah satu contohnya ialah bangunan dengan arsitektur Minang, yaitu Rumah Bagonjong atau rumah Gadang.

Di Museum Kebudayaan Minangkabau ini anda bisa menemukan rumah Gadang yang berupa rumah panggung dengan atapnya seperti tanduk kerbau bertumpuk. Penasaran bukan ingin melihatnya secara langsung ?

Objek wisata edukasi dan budaya ini mempunyai beberapa koleksi yang terbagi menjadi 10 jenis koleksi.

Diantaranya yaitu biologika, arkeologika, geologika, etnografika, teknologika, historia, seni rupa, seni ukir, keramalohika serta heraldika.

Museum Kebudayaan Minangkabau

Disamping itu bahkan juga terdapat benda purbakala peninggalan dari Kerajaan Dharmasraya berupa patung Amoghapasa dan Bhairawa. Disana anda juga akan menemukan berbagai koleksi benda sejarah dan budaya yang berasal dari Suku Mentawai.

Museum Adityawaman ini sangat tepat dijadikan sebagai tempat tujuan berwisata anda untuk mengenal lebih dalam budaya dan sejarahnya Sumatera Barat.

Berlokasi di Jalan Diponegoro No.10, Kota Padang, Sumatera Barat, museum wisata kebudayaan Minangkabau sangat layak dijadikan sebagai pilihan tempat wisata selanjutnya selama mengelilingi kota Padang.

Tak hanya wisata alamnya saja yang layak dijelajahi, bahkan wisata sejarah pun tak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Jadi, yuk mampir ke Museum Adityawarman di kota Padang! Namun jangan lupa, gunakan jasa sewa tour dan travel Pelangi Holiday di Sumatera Barat yang mampu menjadikan travelling anda di kota Padang semakin menyenangkan! Selamat berliburr!

Gulir ke Atas