Taman Melati Padang Sumatera Barat

Taman Melati Padang Sumatera Barat – Bagi sebagian besar para wisatawan dari luar kota Padang, tentu akan merasa asing dengan salah satu tempat wisata yang bernamakan Taman Melati.

Taman Melati Padang Sumatera BaratTaman Melati Padang Serai Sumatera Barat – Bagi sebagian besar para wisatawan dari luar kota Padang, tentu akan merasa asing dengan salah satu tempat wisata yang bernamakan Taman Melati.

Namun, bagi masyarakat domisili kota Padang, Taman Melati sudah sangat melekat di hati. Akan tetapi, sebagian besar masyarakat yang mengenal Taman Melati ini tidak mengetahui nama resmi dari taman ini, yakni Museum Adityawarman.

Museum Adityawarman merupakan museum budaya provinsi Sumatera Barat yang berlokasi di kota Padang. Tepatnya berada di Jalan Diponegoro No.10 Kelurahan Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, museum ini telah diresmikan sejak 16 Maret 1977 silam.

Museum Adityawarman memiliki julukan sebagai Taman Mini ala Sumatera Barat. Nah, Taman Mini ala Sumatera Barat ini letaknya di satu kawasan dengan Taman Melati.

Di museum tersebut anda bisa menemukan berbagai hal tentang budaya Minangkabau, diantaranya berbagai jenis rumah gadang, beragam perhiasan Minangkabau, hewan yang diawetkan, alat pertukangan dan lain sebagainya.

Museum Adityawarman bisa dikunjungi setiap hari Selasa sampai Minggu. Khusus hari Minggu, museum buka mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. Sementara untuk biaya tiket masuk tergolong sangat ramah kantong, hanya dengan mengeluarkan biaya Rp 2.000 untuk orang dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak. Wah, wajib dikunjungi ya ?

Sebagai museum budaya Minangkabau yang menyimpan dan melestarikan banyak benda bersejarah, Taman Melati rupanya masuk dalaTaman Melatim salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Berbagai koleksi utama yang tersimpan di Museum Adityawarman memiliki 10 kelompok jenis koleksi yaitu :

Meliputi biologika, geologika, etnografika, histrika, keramologika, seni rupa dan lain sebagainya. Selain itu ada juga koleksi lainnya berupa benda purbakala peninggalan Kerjaan Dharmasraya, yakni duplikasi patung Amoghapasa dan Bhairawa.

Taman Melati Padang Sumatera Barat

Taman Melati ini rupanya adalah bagian dari halaman Museum Adityawarman tersebut. Di Taman Melati terdapat arena bermain anak-anak dan juga tempat bersantai dengan pemandangan sekitar yang indah dipandang.

Uniknya, Taman Melati juga memiliki sebuah Moneumen Gempa 30 September 2009 dan pesawat terbang yang serupa dengan pesawat yang ada di Musem perjuangan Tri Daya Eka Dharma, Bukittinggi.

Taman Melati yang berlokasi di Kota padang ini sering dijadikan sebagai sarana berolahraga, tempat bersantai, refreshing, berkumpul bersama teman atau keluarga bahkan tempat berselfie ria dengan latar belakang taman kota.

Taman Melati didesain dengan terawat yang penuh dengan bunga dan pepohonan, lengkap dengan tempat duduk yang minimalis semakin membuat Taman melati terlihat manis.

Bagi anda yang hendak travelling ke kota Padang dan ingin mampir ke Taman Melati, jangan lupa untuk menyewa jasa tour dan travel Pelangi Holiday. Pelangi Holiday adalah salah satu jasa pemandu wisata terbaik dan profesional yang siap membantu dan membimbing anda selama berwisata di Sumatera Barat.

Gulir ke Atas