Tugu Perdamaian Muaro Lasak

Tugu Perdamaian Muaro Lasak – Pernahkah anda menyaksikan langsung sebuah monumen berupa Tugu Perdamaian Muaro Lasak yang ada di Padang ? Tugu yang dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Padang bersama bersama Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Teluk Bayur ini ditujukan untuk menyambut kegiatan berskala Internasional. Kegiatan tersebut ialah Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang diselenggarakan pada April 2016 lalu di Kota Padang, Sumatera Barat.

Foto : Tugu Perdamaian
Sumber : Gosumber.com

Betuk kerjasama membangun Tugu ini antara Pemerintah Kota dengan Lantamal II dalam menyambut kegiatan MNEK tersebut, rupanya dihadiri oleh angkatan laut dari 36 peserta. Wali Kota Padang sempat menjelaskan bahwa tugu perdamaian yang dikerjakan oleh anggota Lantamal II Teluk Bayur tersebut memiliki desain burung merpati. Dan dengan adanya tugu tersebut sangat diharapkan menjadi salah satu daya tarik Muaro Lasak bagi para wisatawan, khusunya dari luar daerah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang pernah berujar bahwa pemerintah memiliki keseriusan dalam pengembangan kawasan Pantai Padang. Salah satu buktinya ialah dengan dibangunnya stadion mini sepakbola pantai. Disamping itu juga dibangunnya rumah susun sewa (rusunwa) tiga lantai, yang mana lantai satu dapat digunakan untuk berdagang, sementara lantai dua dan tiga untuk tempat tinggal.

Hal ini ditujukan untuk penataan kawasan Muaro Lasak, sebab kawasan tersebut adalah bagian dari revitalisasi objek wisata Pantai Padang. Nah, adapun revitalisasi tersebut dilakukan berujuan supaya kawasan Pantai Padang lebih terlihat indah sehingga banyak menarik wisatawan datang berkunjung.

Kepala BPBD Padang pernah menyebut bahwa kawasan Tugu Perdamaian Muaro Lasak tersebut didesain dengan konsep proteksi abrasi dengan memadukan konstruksi sipil dan vegetasi, yang mana bertujuan untuk mitigasi bencan sekaligus menjaga aset wisata. Disamping itu, penanganan abrasi di sekitar Tugu Merpati Perdamaian juga dibangun offshore breakwater atau yang disebut sebagai pemecah gelombang lepas pantai. Bahkan juga dilakukan dengan cara non struktural atau soft solution berupa penanaman pohon.

Tugu Perdamaian Muaro Lasak

Untuk penanganan non struktural disiapkan oleh BPBD Kota Padang, sedangkan untuk penanganan pemecah gelombang lepas pantai dilaksanakn oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera. Konsep pembangunan yang dilakukan tersebut rupanya dikembangkan sepanjang Pantai Padang secara bertahap dan memprioritaskan kawasan hutan pantai.

Perlu anda ketahui, bahwa Tugu Merpati Perdamaian yang letaknya berada di kawasan Muaro Lasak Pantai Padang ini sempat rusak karena dihantam ombak sehingga menjadikannya tergerus dibawa air laut sejak Agustus 2019 lalu. Namun guna melakukan pengamanan di kawasan tugu, rupanya Tugu Merpati Perdamaian telah dilakukan pemasangan karung pasir dan batu besar guna mengantisipasi datangnya ombak yang dikawatirkan menambah kerusakan pondasi tugu tersebut.

Tugu Perdamaian Muaro Lasak yang menjulang setinggi delapan meter yang terbuat dari metal menyerupai kertas origami ini seringkali didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Jadi, apakah anda juga penasaran ingin menyaksikan langsung bagaimana keadaan monumen tersebut ? Jika ya, jangan lupa untuk menggunakan jasa pemandu wisata dari Pelangi Holiday. Salah satu jasa tour dan travel di Sumatera Barat yang terpercaya dan profesional, sehingga membuat wisata anda selama mengelilingi Kota Padang semakin seru dan menyenangkan.

Gulir ke Atas