Wisata Sejarah Tionghoa Di Medan, Rumah Tjong A Fie

Wisata Sejarah Tionghoa Di Medan, Rumah Tjong A Fie – Wisata sejarah di Sumatera Utara yang terkenal salah satunya adalah Rumah Tjong A Fie. WIsata sejarah satu ini merupakan lambang dari corak budaya multikultaral yang terdapat di Kota Medan.

Rumah ini memiliki nilai sejarah yang panjang sejak berdirinya rumah tersebut yaitu pada tahun 1990. Rumah ini mulai dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah pada tahun 2009 dimana rumah tersebut akhirnya dibuka untuk umum.

Keunikan dari rumah Tjong A Fie adalah nilai sejarah yang terdapat didalamnya. Dimana sejarah yang banyak dikenalkan adalah mengenai perkembangan peradaban tiong hoa di Kota Medan. Peradaban Tiong Hoa di Kota medan dibawa oleh saudagar kaya yang berasal dari tiongkok bernama Tjong A Fie.

Wisata Sejarah Tionghoa Di Medan, Rumah Tjong A Fie

Bangunan yang sampai sekarang masih terawatt dengan baik tersebut mempunyai cerita yang unik. Saudagar tionghoa yaitu Tjong A Fie yang menempati rumah tersebut memilih merantau ke medan pada usia 18 tahun. Keberadaannya di medan berhasil meraih kesuksesan, hal terbukti dengan kepemilikan lahan perkebunan yang luas. Ia pun menjadi orang tionghoa pertama yang mempunyai asset sebesar itu. Tidak hanya perkebunan, ia juga berhasil mengolah berbagai hasil kebun dan mendirikan industri untuk mengolah hasil kebun tersebut.

Tjong A Fie juga dikenal sebagai orang tionghoa yang membangun peradaban multicultural di Medan, dimana ia berhasil merangkul berbagai kalangan baik itu tionghoa, melayu, batak dan sekitarnya. Tjong A Fie juga memiliki kedekatan dengan pemerintah belanda berkat kerjakerasnya tersebut. Jika Anda berkunjung ke Medan, Anda akan melihat dua masjid besar yaitu Mesjid Raya medan dan masjid di Gang Bangkok. Kedua masjid tersebut berhasil dibangun dengan sumbangan dari Tjong A fie. Kebaikan dan kesuksesan Tjong A Fie dapat Anda lihat dari bangunan RUmah Tjong A Fie.

Keunikan bangunan rumah Tjong A Fie juga menjadi daya tarik yang banyak menarik minat para wisatawan. Bangunan tersebut dirancang dengan desain khas cina dengan sedikit sentuhan melayu dan artdeco. Rumah tersebut memiliki banyak kamar, yaitu 35 kamar. Ketika datang ke rumah tersebut Anda akan disambut dengan pigura foto dari ketiga istri dan anak-anaknya.

Bangunan tersebut juga dirancang dengan sekat ruang ang unik, dimana terdapat berbagai ruang tamu dengan ciri khas berbagai kebangsaan. Terdapat ruang tamu khusus kebangsaan melayu, eropa, dan juga cina. Artinya ruang tamu tersebut akan ditempati sesuai dengan kebangsaan tamu yang mendatangi rumah Tjong A Fie.

Jika Anda berkunjung kesana Anda akan lebih leluasa memasuki bangunan. Para wisatawan yang berkunjung ke Kota Medan juga dapat berwisata dengan bantuan asa travel jika kesulitan menemukan transportasi untuk berwisata ke Rumah Tjong A Fie. Salah satu jasa travel yang terkenal di Sumatera Barat hingga Sumatera Utara dan banyak digunakan adalah Pelangi Holiday.

Gulir ke Atas